Tuesday, June 23, 2015

Ramadhan Journey Day 6

Surah Al-Baqarah merupakan surah terpanjang di dalam Al-Quran dan di dalamnya mempunyai banyak doa-doa yang boleh kita amalkan di dalam setiap kali selepas solat. Antara doa-doa tersebut adalah:


رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ. رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Baqarah: 127-128)


رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Al-Baqarah: 201)



Artinya: "Ya Tuhan, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, kokohkanlah pendirian kami, serta tolonglah kami dalam mengalahkan orang-orang kafir." (QS. Al-Baqarah: 250).


سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Kami dengar dan kami ta'at "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali. (QS. Al-Baqarah: 285)


رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْراً كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ
وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنتَ مَوْلاَنَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Artinya: "Ya Tuhan, janganlah Engka siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Tuhan, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana telah Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kamj, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami dalam mengalahkan orang-orang kafir." (QS. Al-Baqarah: 286).

Penjelasan:
Ibnu Katsir dalarn kitab tafsirnya merangkum sepuluh hadis tentang keutamaan membaca doa diatas. Diantaranya hadis yang diriwayatkan dari sahabat 'Abdullah bin Mas'ûd, bahwa Nabi Saw. telah bersabda: "Barangsiapa yang membaca dua ayat yang akhir surah Al-Baqarah (ayat 285-286) setiap malam, maka dia akan mendapatkan keselamatan." (Tafsir Ibnu Katsîr Juz, I, hal.340).

Di dalam kita memanjatkan do'a memohon hajat dan meminta sesuatu kepada Allah SWT yang Maha Kaya, wajiblah bagi kita beretika di dalam berdo'a. Antaranya:
  1. Bertaubat sebelum berdoa, lalu menghadapkan diri kepada Allah swt dengan sungguh-sungguh dan khusyu';
  2. Disunatkan mengadap kiblat;
  3. Seelok-eloknya doa-doa itu diawali dan diakhiri pujian-pujian kepada Allah swt;
  4. Mengakui keagungan Allah swt dengan segala kerendahan diri dan hati;
  5. Mengucapkan doa dengan rendah hati dan suara yang sedang-sedang, tidak keras dan tidak terlalu mendayu;
  6. Tidak perlu berpantun, dan/atau dengan pengucapan berirama. Cukuplah dengan kata-kata yang baik yang mencerminkan kerendahan kedudukan kita sebagai hamba di hadapan Allah swt, serta sederhana dan tepat di dalam menginginkan sesuaru.
  7. Mengulang-ngulang doa sehingga dua atau tiga kali;
  8. Ditutup dengan bacaan solawat, kemudian dilanjutkan dengan bacaan - Subhaana rabbika rabbil 'izzati 'amma yashifuun. Wa salamun 'alal mursaliina wal hamdulillahi rabbil 'aalamiin yang bermaskud "Maha Suci Tuhan, yang memiliki kebesaran kesucian dari sifat rendah yang mereka sifatkan. Dan kesejahteraan itu atas Rasul yang telah diutus Tuhan. Dan puji-pujian hanyalah bagi Allah Tuhan sekalian alam".
Semoga Allah swt redha kita sebagai hamba-Nya. Allahul Musta'aan
Post a Comment